Panduan Cara Membuat Kartu BPJS Kesehatan di Kota Kuningan
20 Juli 2020
Tulis Komentar
Kantor BPJS Kesehatan Kuningan Alamat : Jalan Moh. Toha, Cigintung, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45517 atau lebih tepatnya di sebelah utara Rest Area (POM bensin) Cirendang, yang dulu beralamat di Jl. Jend. Sudirman Nomor 2B, RT.06 / RW.02, Ruko Bojong Indah, Awirarangan, Kabupaten Kuningan, 45511.
Jam kerja : Senin - Jum'at, dari jam 08:00 pagi - 16:00 sore, Sabtu - Minggu Libur.
Punya Kartu BPJS Kesehatan sangat penting sekali buat jaga-jaga, karena kita tak akan selamanya sehat, tapi mudah-mudahan kita bisa menjaga kesehatan dan selalu diberi kesehatan sepanjang waktu oleh tuhan yang maha kuasa 😇, sistem bpjs sederhananya adalah saling tolong menolong sesama anggota bpjs, jadi ketika teman-teman sakit yang ngebayarinnya adalah uang teman-teman dan juga uang anggota bpjs yang lainnya, juga ketika anggota bpjs yang lain sakit teman-teman pun ikut menolong mereka dengan uang iuran yang tiap bulan teman-teman bayar, cukup adil bukan? Artikel ini di buat berdasarkan pengalaman pribadi ketika membuat kartu bpjs kesehatan di kantor cabang kuningan.
BPJS Kesehatan ada 3 kelas yang bisa kita pilih, dengan rincian data terbaru adalah sebagai berikut :
KELAS 1 (iuran Rp. 150.000 per bulan per orang)
KELAS 2 (iuran Rp. 100.000 per bulan per orang)
KELAS 3 (iuran Rp. 42.000 per bulan per orang)
*Kelas 1-3 disini adalah ruangan serta fasilitas di RS yang akan di dapatkan jika teman-teman dirawat.
*Untuk kelas 3 kabar baiknya ada potongan iuran dari pemerintah (dapat dilihat di pamflet dalam ruangan kantor bpjs kuningan)
*Sumber : bpjs-kesehatan.go.id, kompas.com
Disini saya memilih yang tengah-tengah yaitu Kelas Dua dengan iuran Rp. 100 ribu per bulan, dengan menggunakan buku Tabungan Bank Mandiri sebagai persyaratannya, sesuaikan dengan kebutuhan dan sesuaikan juga dengan kantong teman-teman ya.
1. PERSYARATAN
Kembali Ke Daftar Isi ↑
1. FC KK (1 lembar)
2. FC KTP (1 lembar)
3. FC Buku Tabungan BNI, BCA, MANDIRI (1 lembar) *Jangan Syariah, BRI tidak bisa.
4. Materai 6000 (1 buah)
*Aslinya bawa buat jaga-jaga.
*(persyaratan sewaktu-waktu dapat berubah tergantung dari kebijakan pihak bpjsnya).
2. TIPS PENTING
Kembali Ke Daftar Isi ↑
1. Siapin syarat yang lengkap sesuai dengan syarat yang tertera diatas *(persyaratan sewaktu-waktu dapat berubah tergantung dari kebijakan pihak bpjsnya).
2. Tentukan dulu klinik atau dokter mana yang akan teman-teman pilih nantinya, kalau saya memilih Klinik Az Ziva Kuningan, karena saya sering berobat kesitu ketika sakit, dan setelah konsul dengan dokternya kemudian beliau menyarankan ke Klinik Az Ziva jika ingin buat bpjs kesehatan, jadi nanti jika suatu saat teman-teman sakit dan harus dirawat di RS, sebelum dirujuk ke RS teman-teman akan di periksa dan dibuatkan dulu rujukannya (diagnosis penyakitnya) dari Klinik/Dokter tersebut.
3. Saya sarankan datanglah lebih pagi sebelum buka, selain udaranya masih sejuk juga untuk menghindari antrian yang terlalu panjang, bukanya sekitar jam 8, jadi sebelum jam 8 teman-teman harus udah nongkrong depan kantor, kemungkinan tak setiap hari penuh si, oh iya jangan lupa beli materai 6000 dulu dan bawa pulpen sendiri.
4. Sebelum berangkat saya sarankan sarapan dulu, niatkan dalam hati dan jangan lupa berdoa sebelum berangkat. 😊
5. Jika bingung harus ngapain dulu kemana dulu, jangan ragu bertanya kepada petugas.
6. Isi formulir dengan teliti sesuai dengan intruksi petugas.
7. Siapin stok sabar dan Siapin stok camilan. 😉
8. Setelah beres jangan lupa narik nafas dan ucapkan Alhamdulillah. 😇
9. Selalu bayar iuran tepat waktu sebelum tanggal 10 setiap bulan.
10. Iuran bulanan dapat di bayar melalui atm, alfamidi, alfamart, indomaret dll.
3. LANGKAH PEMBUATAN KARTU
Kembali Ke Daftar Isi ↑
Berikut langkah-langkah atau cara pembuatan kartu bpjs kesehatan mandiri (perorangan/individu) di kuningan jawa barat, secara offline/mendatangi langsung kantor bpjs nya :
1. Menuju ke kantor bpjs kuningan Yang beralamat di Jalan Moh. Toha, Cigintung, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45517 atau lebih tepat nya di sebelah utara Rest Area (POM bensin) Cirendang, yang dulu beralamat di Jl. Jend. Sudirman Nomor 2B, RT.06 / RW.02, Ruko Bojong Indah, Awirarangan, Kabupaten Kuningan, 45511.
2. Isi Formulir (hari pertama daftar) Setelah sampai di kantornya bilang aja mau buat bpjs baru ke petugas, kebetulan hari pertama saya datang udah siang sekitar jam 14:00 dan keadaan kantor sudah lengang, disini keluarkan persyaratan diatas, berikan pada petugas/satpam kemudian nanti akan di berikan beberapa formulir isian bank (bni, bca, mandiri) dan formulir isian bpjs oleh petugas, seperti gambar dibawah ini :
Isi dengan teliti sesuai dengan intruksi dari petugasnya, kalau masih ragu dan bingung tanya lagi ke petugas atau tanya ke orang lain yang sama-sama sedang mengisi.
Catatan : *Setiap hari situasinya dinamis selalu beda, kadang penuh kadang pada siang hari lengang, kadang masih penuh, pandai-pandai memilih waktu saja.
*Karena banyaknya para pendaftar baru setiap harinya, bahkan tidak hanya daftar, orang-orang yang datang ke kantor bpjs ada juga yang memiliki tujuan lain, seperti membetulkan alamat yang tertera di kartunya (alamatnya salah), ada yang mengaktifkan kembali kartu bpjs dan berbagai macam tujuan lainnya.
*Jika teman-teman kesananya siang bisa jadi kantor bpjs nya dalam keadaan lengang, maka setelah melakukan pengisian formulir selesai tinggal serahkan aja ke satpam (waktu itu saya dilayani oleh satpam), nanti beberapa menit kemudian jika isian dan persyaratan tak ada masalah satpam akan keluar sambil memanggil nama kamu sambil membawa kertas virtual account bpjs, setelah itu akan dijelaskan oleh satpam bahwa 2 minggu dari sekarang saya harus datang lagi ke kantor untuk mengambil kartu bpjs (tapi sebelumnya harus melakukan setoran awal dulu ke alfamidi/lainnya).
4. PROSES PENGAMBILAN KARTU
Kembali Ke Daftar Isi ↑
Setelah dua minggu saya ke kantor bpjs lagi untuk pengambilan kartu, saya kesana sekitar jam 10 dan tentu saja antrian sudah panjang hehe... 😁 tapi tidak langsung ikut ngantri, saya bayar dulu iuran awal Rp. 100 ribu ke alfamidi sebelah kantor, baru setelah itu saya nanya ke satpam bahwa saya telah melakukan pembayaran iuran awal 100 ribu dan saya mau validasi, setelah itu saya langsung suruh ngantri paling belakang 😅, singkat cerita saya kebagian giliran menghadap petugas yang ada diluar ruangan dan mengutarakan maksud saya bahwa saya telah melakukan pembayaran dan ingin melakukan validasi serta pengambilan kartu bpjs.
Setelah itu petugas memberi saya formulir lagi seperti awal daftar katanya sebagai tanda saja, kemudian saya isi nomor hp, klinik, dan alamat sesuai ktp.
Kemudian saya serahkan formulir yang telah di isi itu, kemudian kertas virtual account beserta struk alfamidi (bukti telah melakukan pembayaan iuran) ke satpam di dalam kantor, lalu satpam bertanya apakah ada yang bisa dibantu, saya bilang mau melakukan pengambilan kartu bpjs, ini saya sudah melakukan pembayaran iuran pertama.
Setelah itu satpam memberikan nomor antrian dan menyuruh saya untuk duduk menunggu di panggil oleh CS ke loket yang tersedia, sambil membawa berkas yang tadi (formulir yang telah di isi, kertas virtual account beserta struk alfamidi (bukti telah melakukan pembayaan iuran pertama), plus nomor antrian).
Kemudian setelah di panggil oleh CS kita ditanya apakah ada yang bisa dibantu, saya bilang mau ngambil kartu bpjs.
Setelah itu serahkan berkas tadi dan tunggu di cek oleh CS nya, setelah di proses kemudian CS akan memberikan kertas panduan layanan JKN-KIS dan menjelaskan beberapa point penting dalam kertas tersebut.
Kemudian kita akan diminta memberikan penilaian terhadap pelayanan yang mereka berikan, dengan meng klik emoticon senyum di dalam sebuah tablet. 😊
Setelah itu baru kartu bpjs akan di kasihkan dalam sebuah amplop (ternyata kartu bpjsnya sudah jadi dan sudah di siapkan), ternyata tidak dikirim lewat POS tapi langsung dikasihkan waktu itu juga, saya senang sekali 😊
5. SARAN DAN MASUKAN
Kembali Ke Daftar Isi ↑
1. Satpam lebih teliti lagi dalam menjaga pintu masuk, jangan sampai orang yang baru datang langsung masuk ke dalam tanpa ngantri dulu di luar, kasian kan yang ngantri dari awal.
2. Untuk nomor antrian di dalam ruangan itu sudah bagus sudah ada sistemnya, tapi orang yang ngantri di luar ruangan juga baiknya di beri nomor antrian biar adil, nanti satpam tinggal manggil sesuai nomor antrian, biar nantinya tidak repot, disini juga satpam gaboleh lalai dalam memperhatikan orang yang baru dateng, biar nantinya tidak menyalip orang yang udah lama ngantri dari awal, kasian nanti ada kecemburuan sosial.
3. Antisipasi jika sedang istirahat kemudian orang yang ngantri di kursi yang bernomor itu pada jajan atau pergi meninggalkan kursinya, kemudian pemanggilan nomor antrian didalam berlanjut, pada akhirnya terjadi salip menyalip, timbulah ketidak adilan disini, untuk itu saran saya dibuatkan nomor antrian untuk yang ngantri di luar.
4. Jadi untuk yang baru dateng itu langsung ditanya perlunya apa, di cek persyaratannya, jika syaratnya sudah lengkap dan benar kemudian kasih intruksi tentang bagaimana cara pengisiannya, lalu diberi formulir isian, di beri nomor antrian, baru suruh duduk di kursi antrian (sarankan jangan jauh-jauh agar kedengeran pas nomor antrian dipanggil oleh satpam).
5. Kursi diluar kurang banyak, kasian yang ngantri berdiri ada yang ga kebagian kursi.
6. Pulpen kurang banyak. ✍
7. Antisipasi hujan, kalau bisa di perluas area tribuntempat berteduhnya, kecuali mau pindah lagi kantornya.
8. Di kabupaten kuningan baiknya di setiap kecamatan di buatkan lagi kantor cabang pembantu, jangan satu kabupaten hanya ada satu kantor, dampaknya ya pelayanan bisa jadi kurang maksimal, karena baik para pendaftar baru maupun yang keperluan lain dari semua penjuru kota kuningan, itu mereka datang ke tempat yang sama dalam waktu yang bersamaan.
9. Pelayanan nya sudah cukup bagus, juga telah mematuhi protokol covid 19, seperti menyediakan tempat cuci tangan plus sabun, anjuran memakai masker, cek suhu, anjuran physical distancing (jaga jarak), sarung tangan, face shield, hand sanitizer. 👍
10. Semoga untuk kedepannya pelayanan bisa lebih di tingkatkan lagi agar para pendaftar bisa lebih tenang, nyaman, dan terlayani dengan lebih baik, Terimakasih 😊
Dengan gotong royong semua tertolong.
~ BPJS Kesehatan
Harta sejati adalah kesehatan, bukan emas dan perak.
~ Mahatma Gandhi
Semoga bermanfaat 😊
Kembali Ke Daftar Isi ↑
Belum ada Komentar untuk "Panduan Cara Membuat Kartu BPJS Kesehatan di Kota Kuningan"
Posting Komentar