Kenapa Musik Timur Tengah Enak Di Dengar

nurhishare.web.id
Middle East
Istilah timur tengah itu merujuk ke sebuah jazirah, tempat peradaban manusia pertama kali lahir yang pernah diketahui dalam sejarah yaitu di Sumeria / Babylonia Kuno (atau negeri Irak sekarang), juga tempat 2 negeri yang tak pernah damai hingga saat ini entah kenapa yaitu Palestina dan Israel, serta negeri sekitarnya, seperti Arab Saudi, Mesir, Iran, Turki, Suriah, Jordania, Lebanon, Emirat Arab, Qatar, Yaman (Hadra Maut), Oman, Kuwait, Cyprus dan Bahrain. Itulah timur tengah.

Mayoritas bahasa yang di gunakan disana adalah bahasa arab, termasuk orang timur tengah yang non muslim pun disana berbahasa arab. Bahasa arab termasuk ke dalam keluarga bahasa Aramaic, yaitu bahasa nenek moyang bangsa arab dan yahudi, yang dahulu di gunakan oleh bangsa Nabi Ibrahim as untuk berkomunikasi, dan masih keluarga dengan bahasa Hebrew yang di tuturkan oleh bangsa yahudi asli Israel.

Karena pengaruh bahasa arab yang sangat komprehensif disana, maka orang-orang di timur tengah sana menggunakan bahasa arab sebagai bahasa sehari-hari, termasuk juga bahasa dalam seni musik.

Baca Juga :
Daftar Penyanyi Asal Timur Tengah Yang Lagunya Enak Di Dengar

Memang kesan pertama ditelinga serta dalam perasaan saat mendengar lantunan vokal yang berbahasa arab itu hati terasa damai, luluh, fikiran tenang, rileks, dan imajinasi langsung aktif mengkhayalkan lantunan tersebut. Itulah yang penulis rasakan pertama kali, mungkin pembaca sekalian juga ada yang merasakan hal yang sama.

Kenapa bisa seperti itu, menurut suatu pendapat yang pernah penulis baca mengatakan bahwa bahasa arab adalah salah satu bahasa yang paling indah di bandingkan bahasa lainnya, seakan sebuah mantra yang terasa sakral terdengar, selain bentuk tulisan dan bahasanya, suara vokalnya juga terdengar khas dan indah ketika di ucapkan sehingga ketika terngiang ditelinga bagaikan langsung merasuk ke dalam perasaan dan alam bawah sadar, akhirnya menghipnotis ke dalam zona nyaman, selain itu di dalam hukum bacaan bahasa arab ada panjang pendek tebal tipis juga yang menyebabkan efek enak di dengar di telinga.

Di tambah musik pengiring khas dari timur tengah, dengan nada-nada minor modern, semakin membuat rileks bagi siapa saja yang mendengarnya. Kesan telinga ini ketika pertama mendengar lagu pop arab modern, karena kepercayaan ini juga berasal dari arab, sehingga akal ini pun berfikir dan bertanya-tanya apakah bahasa arab adalah bahasa tuhan yang datang dari syurga sehingga terdengar indah?

Namun pengetahuan pun bertambah, ternyata tidak semua yang berbahasa arab itu beraroma religius. Ketika awal kenalan mendengarkan lagu pop arab penulis berfikir, ini pasti lagu religi, ini pasti lagu religi.

Mungkin bagi sebagian telinga awam, termasuk telinga ini, jika mendengar lagu-lagu pop arab itu seakan mendengar dan menganggap lagu-lagu religius semua, padahal ternyata tidak, lagu-lagu arab pun sama saja dengan pop indonesia, banyak lagu lagu tentang cinta yang mengekspresikan perasaan, namun karena kitab suci Al-Qur'an berbahasa arab, jadi sugesti waktu itu berfikirnya semua lagu-lagu yang berbahasa arab itu lagu religi.

Itulah yang menjadi kelebihan dari lagu-lagu berbahasa arab, tak faham artinya tapi enak saja ketika didengar.

Semoga bermanfaat😊
nimdA Menulis adalah bekerja untuk keabadian.

Belum ada Komentar untuk "Kenapa Musik Timur Tengah Enak Di Dengar"

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel